Gigi Geraham Bungsu , Berlubang ,Tumbuh Tidak Sempurna dan Biaya Operasinya

kamu takut gigi bungsu ? jangan takut sebab gigi bungsu tidak bahaya jika tidak menimbulkan masalah disi kami akan bahas pengobatan dan pencegahannya silahkan lihat Gigi Geraham Bungsu , Berlubang ,Tumbuh Tidak Sempurna dan Biaya Operasinya , Simak penjelsannya di artikel Ini : .
Gigi Geraham Bungsu . Apasih gigi bungsu itu ? perlu diingatat bahwa Gigi geraham bungsu atau nama lainnya adalah geraham ketiga atau wisdom teeth adalah gigi geraham yang tumbuh pada bagian paling belakang dari jajaran gigi bagian bawah dan bagian atas. Biasanya gigi ini akan tumbuh pada saat seseorang berusia 18 –30 tahun.

Gigi Geraham Bungsu , Berlubang ,Tumbuh Tidak Sempurna dan Biaya Operasinya

Gigi Geraham Bungsu , Berlubang ,Tumbuh Tidak Sempurna dan Biaya Operasinya
Gigi Geraham Bungsu
Gigi geraham bungsu yang sehat dan benar posisinya tidak akan menimbulkan masalah. Namun ternyata gigi ini sering menimbulkan masalah karena mulai erupsi di saat pertumbuhan rahang kita sudah berhenti sehingga tidak mendapat cukup ruangan untuk erupsi. Dengan demikian gigi bungsu ini tumbuh tidak sempurna dengan posisi yang tidak baik. Keadaan ini disebut impaksi.

Seorang ahli bernama Ricketts (1980) menyatakan bahwa evolusi manusia menyebabkan berkurangnya ukuran rahang yang berhubungan dengan kondisi dan kebiasaan diet atau makanan. Pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Jadi ukuran rahang manusia sekarang cenderung makin kecil sehingga kasus gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak sempurna (impaksi) sekarang cenderung meningkat.

Kemunculan posisi gigi geraham bungsu yang tidak sempurna (melintang atau miring) dapat menyebabkan masalah pada gigi yang lainnya dimana gigi geraham bungsu mendorong gigi depannya dan berpotensi merusak gigi depannya tersebut. Sedangkan gigi geraham bungsu yang tidak muncul kepermukaan gusi dengan baik juga dapat menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan yang pada akhirnya akan membuat gigi berlubang.

Mengingat beberapa kemungkinan efek negatif yang akan timbul akibat gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak sempurna, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter gigi untuk mempertimbangkan kemungkinan akibat gigi bungsu tersebut.

Gigi geraham bungsu dapat saja tidak menimbulkan sakit saat atau sesudah erupsi. Namun pada sebagian orang akan mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala, migrain, telinga berdengung, sakit leher akibat dari gigi geraham bungsu tersebut. Selain itu gigi geraham bungsu tersebut dapat menyebabkan gejala lokal berupa :

Ciri-ciri dan Gejala yang Timbul akibat Gigi Geraham Bungsu

  • Sakit di bagian bawah telinga.
  • Telinga terasa mendengung.
  • Rahang menjadi kaku sehingga tidak bisa membuka mulut dengan lebar.
  • Rasa nyeri pada mulut bagian belakang, yaitu wilayah di belakang gigi geraham bungsu. Nyeri ini meningkat secara bertahap seiring dengan keluarnya gigi bungsu tersebut.
  • Adanya kemerahan, lunak atau bengkak yang ada di sekitar gigi geraham bungsu yang akan tumbuh ini. Jika tumbuh di bagian rongga mulut dan tidak mengakibatkan nyeri dan berlubang, gusi sehat serta kebersihan mulut baik maka kemungkinan jenis gigi ini tidak perlu dicabut atau ditangani.
  • Dampak yang dapat dirasakan penderita yang memiliki gigi geraham bungsu
  • Gigi-gigi depan lainnya akan lebih berantakan karena terdesak oleh gigi geraham bungsu tersebut.
  • Sering migrain/ sakit kepala.
  • Tumor gigi. Tumor gigi merupakan dampak yang paling fatal apabila gigi geraham bungsu tidak segera dicabut/ dioperasi kecil.

NB: Namun jika tidak ada demikian maka tidak perlu dicbaut dan di operasi .


Pencegahan dan pengobatan Gigi Geraham Bungsu


Pencegahan Gigi Bungsu : Menurut Drg. Anastasia S.R, tips untuk Anda terutama para orang tua, untuk melakukan pencegahan munculnya gigi geraham bungsu harus dilakukan sejak anak mulai belajar makan dengan membiasakan anak mengunyah makanan dan memberikan asupan-asupan makanan yang keras.

Pengobatan Gigi Bungsu : Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk menghindari segala dampak yang diakibatkan dari gigi geraham bungsu bagi para penderitanya adalah dengan pencabutan/ operasi kecil. Sebelum dicabut, gigi umumnya akan difoto terlebih dahulu dengan sinar X untuk mengetahui bentuk, posisi dan kedalaman gigi.

Pencabutan gigi bungsu biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal, namun kadang-kadang juga dilakukan dengan bius total. Walaupun tergolong operasi kecil, pencabutan gigi sebaiknya dilakukan secara profesional oleh dokter spesialis bedah mulut atau dokter gigi yang bisa menangani, mengingat komplikasi yang mungkin timbul saat dan setelah pencabutan. Operasi kecil gigi geraham bungsu pada umumnya pasti berhasil dan tidak berbahaya dengan proses penyembuhan selama 5-10 hari setelah operasi.

Biaya Operasi Gigi Bungsu

Nah. untuk biaya opersi gigi bungsu tergantung klinik yang kamu datangi dan juga tingkat kesitan bisa mencapai 3 juta dan lebih namun kesehatan lebih mahal dari pada itu semua .
Baca Juga :  Biaya dan Tarif Operasi Gigi Bungsu Tahun 2015

Tips mempercepat kesembuhan gigi bungsu setelah operasi:


  •  Hindari berkumur atau menggosok gigi selama 24 jam setelah operasi.
  • Setelah 24 jam, menggosok gigi dapat dilakukan dengan hati-hati, terutama di daerah operasi.
  •  Bila diberi obat penahan sakit dan antibiotik, minumlah sesuai petunjuk dokter. Antibiotik harus dihabiskan walaupun gigi sudah tidak terasa sakit. Sebaliknya, obat penahan sakit dapat dihentikan bila sakit mereda.
  • Makan dan minumlah seperti biasanya. Hindari berdiet, karena makan dan minum yang cukup sangat penting untuk proses penyembuhan.
  • Pada hari-hari setelah hari operasi, rahang dapat dikompres dengan kompres hangat, untuk menstimulasi peredaran darah di daerah gigi bungsu yang dapat mempercepat penyembuhan.
  • Membiasakan diri sejak kecil untuk mengunyah makanan dapat mengurangi kemungkinan munculnya gigi geraham bungsu pada saat dewasa. Oleh karena itu, biasakanlah diri mengunyah makanan sejak kecil dan kenali ciri-ciri munculnya gigi geraham bungsu. Apabila sudah terlihat ciri-ciri tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter gigi/ spesialis bedah mulut dan lakukan operasi kecil sesegera mungkin.
Dengan kamu mencegah gigi geraham bungsu sejak dini pada anak maka tidak akan menimbulkan resiko ini maka diisarankan memperhatikan gigi anak sejak tumbuh gigi ..

Artikel Terkait