Cabut Gigi Bungsu Tanpa Operasi Bawah Atas Saat Hamil Tidak Sakit

Disebut gigi bungsu karena datang dan munculnya terkhir bisa disebut dengan gigi generasi ke tiga . Tidak semua orang memiliki gigi bungsu ada yang bilang mendapat gigi bungsu adalah suatu masalah namun bagi saya pribadi biasa saja karena tidak mengganggu kesehatan saya tidak mencabutnya .

Cabut Gigi Bungsu Tanpa Operasi Bawah Atas Saat Hamil Tidak Sakit

Cabut Gigi Bungsu Tanpa Operasi Bawah Atas Saat Hamil Tidak Sakit
Jika gigi geraham bungsu di rahang bawah tumbuh miring dan harus dicabut, biasanya diperlukan proses pencabutan agak rumit . Proses penyembuhan lebih lama dibandingkan dengan pencabutan gigi lainnya. Hal ini dikarenakan proses mencabut akar gigi yang biasanya memerlukan pembedahan gusi, bahkan juga tulang rahang. Pembedahan semacam ini biasanya meninggalkan trauma, sehingga pasien sulit membuka mulut dan harus berdiet makanan lunak.

Metode ini menggunakan peralatan yang telah dimodifikasi dan metode penggunaan yang berbeda. Metode proses pencabutan geraham ini dilakukan tidak melalui prosedur bedah baku, sehingga diharapkan waktunya lebih singkat, proses penyembuhan Iebih cepat dan tidak beresiko tinggi bagi pasien dengan penyakit tertentu (jantung, hipertensi, diabetes, dsb.).

Ketika dicabut tidak terasa sakit, karena dokter memberikan dua kali suntikan pada gusi depan dan belakang gigi yang akan dicabut. Setelah dicabut ada kain kasa yang harus digigit untuk mengurangi pendarahan.

Perhatikan betul perawatan pasca cabut gigi. Karena jika tidak dirawat dengan betul, bisa terjadi open socket (lubang pada gusi) karena gusi belum menutup sempurna. Atau juga terjadi pendarahan terus menerus karena ketika gusi masih mengalami luka anda tidak merawatnya.

Saat ini gigi dan gusi pasca cabut gigi sudah berselang hampir 30 hari baru bisa merasakan kenyamanan sikat gigi dan makan kembali dengan baik. Sebelumnya gusi bisa dikatakan dalam masa pemulihan, masih linu dan jika sikat gigi masih ada darah keluar (walaupun dengan sikat halus).

Perhatian :
Jika kamu sedang dalam kondisi tidak fit dan hamil sebiknya konsultasikan dulu masalah mu kepada dokter anda .
Baca juga : Gigi Geraham Bungsu

Perawatan pasca cabut gigi

Perawatan pasca cabut gigi berdasarkan pengalaman Teman :
1. istirahat yang cukup, karena syaraf gigi tengah memulihkan kondisinya, syaraf gigi dan tubuh anda perlu istirahat.
2. tekan secara lunak kain kasa yang diberi dokter. ganti setiap 30 menit setelah cabut gigi hingga darah berhenti. Pada malam hari tidak perlu ganti kain kasa jika tidak diperlukan.
3. bersabar selama kurang lebih 3 hari (umumnya secara normal darah berhenti dalam satu hari) namun bisa kemungkinan darah berhenti di hari kedua atau ketiga.
4. jangan gunakan untuk makan. gunakan sisi satu lagi, jika dicabut dikiri, gunakan sisi kanan untuk makan.
5. makan bubur/makanan lunak dihari pertama, agar mulut tidak mengunyah terlalu kuat.
6. ketika gusi masih berdarah jangan minum dengan sedotan, karena dapat menekan luka, minum seperti biasa saja dengan hati2.
7. selama kurang lebih 3 hari jangan minum atau makan makanan minuman terlalu panas, karena gusi masih luka, minum dingin lebih baik.
8. jangan berkumur dulu disisi pencabutan gigi, agar darah kembali menggenangi gusi yang terbuka, jika berkumur bisa menyebabkan luka kembali terbuka.
9. jangan menyikat gigi disisi pencabutan gigi. gunakan kapas lembut untuk membersihkan gigi2 lain disekitar sisi pencabutan gigi.
10. setelah gusi sudah terasa baik pada sisi pencabutan gigi, bersikat gigilah menggunakan sikat halus agar tidak melukai gusi.
Previous Post
Next Post