Obat Gigi Ngilu Mengunyah dan Penyebab , dan Cara Mengatasinya

Obat Gigi Ngilu .  Salah satu malah gigi adalah rasa ngilu . rasa ngilu pada gigi juga dapat mengganggu aktipitas penting kita dalam sehari-hari sebab gigi ngilu ini membuat kita tidak fokus dalam melakukan hal apapun . Maka dari itu penting bangi anda untuk mengetahi penyebab dan cara mengatasi atau obat sakit gigi ngilu . Apa saja penyebab gigi ngilu ?

Obat Gigi Ngilu Mengunyah dan Penyebab , dan Cara Mengatasinya

Obat Gigi Ngilu Mengunyah dan Penyebab , dan Cara Mengatasinya


Penyeba Gigi Ngilu 

Terasa nyeri dan ngilu pada gigi saat mengkosumsi seperti makanan yang panas, dingin, dan asam sering terjadi pada kalangan masyarakat indonesia dan bahkan tanpa mereka sadari. Masalah ini bukan dikarenakan penyakit gigi, tetapi dikarenakan tipisnya enamel dan terbukanya dentin atau sebuah lapisan yang ada di bawah enambel.

Gigi ngilu sering terjadi pada usia 20 hingga 50 tahun. Tetapi hal ini banyak di derita oleh para wanita.

Menggosok gigi yang terlalu berlebihan juga menjadi penyebab gigi menjadi ngilu. Apalagi saat menggosoknya hingga keluar darah. Dan perlu di ingat juga menggosok gigi 2 kali seharipun dapat menjadi penyebab munculnya ngilu dan nyeri pada gigi.

Penumpukan sisa makanan di bagian pertemuan antara gigi dapat menimbulkan gigi nyilu. Di bagian tersebut termasuk sulit dijangkau oleh sikat gigi sehingga menempel terus dan lama kelamaan sisa makanan tersebut akan semakin banyak dan menekan ke bagian selah gigi.

Masalah sering ngilu ini disebabkan karena gigi termasuk organ tubuh yang cukup sensitif. Rasa ngilu tersebut terasanya sangat terasa tajam, singkat, dan hilang. Dan meski begitu tentunya sangat mengganggu saat mengkosumsi makanan.

Obat Gigi Ngilu Secara Alami

Obat Gigi Ngilu
Obat Gigi Ngilu

Berikut ini obat alami pada gigi ngilu seperti yang anda alami saat ini , Semoga saja dengan mengetahui bahan alaminya maka gigi anda teratasi dari gangguan gigi ngilu .

1 . Minyak cengkeh
Minyak cengkeh merupakan cara mengobati sakit gigi ngilu yang paling efektif dan cepat untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Minyak cengkeh diketahui mengandung antioksidan dan dapat secara cepat membunuh kuman penyebab ngilu. Selain itu rasa minyak cengkeh yang tawar aman jika tertelan sehingga dapat dijadikan pertolongan pertama jika ngilu hebat menyerang gigi Anda. Cara alami mengobati sakit gigi ngilu ini patut dicoba karena sudah terbukti dan banyak digunakan oleh masyarakat tradisional.
2 . Kompres ES
Jika rasa ngilu ini sudah membuat pipi sekitar rahang menjadi bengkak, Anda bisa meringankannya dengan menggunakan balok es. Balok es diketahui dapat membius secara alami sel saraf nyeri selama beberapa waktu. Balok es ini tentu dapat menjadi cara mengobati sakit gigi ngilu yang pertama Anda lakukan sendiri. Dengan menempelkan beberapa potongan es dibalut dengan handuk kemudian ditempel ke bagian luar gigi yang sakit. Cara ini dapat dibarengi dengan cara mengobati gigi ngilu yang lain untuk menyelesaikan rasa sakit sementara dialihkan oleh pembekuan saraf.
3 . Resep Bawang putih dan bawang merah
Penghilang rasa sakit gigi dapat ditempuh dengan mengunyah irisan bawang putih atau bawang merah. Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang berupa enzim pembunuh kuman penyebab nyeri. Cara mengobati sakit ngilu gigi ini cukup efektif meskipun rasa anyir dari bawang putih atau bawang merah yang cukup kuat. Namun rasa anyir ini tentu tidak akan seberapa terhiraukan ketika rasa ngilu yang hebat menyerang Anda. Diketahui bahwa dengan mengunyah potongan bawang putih atau merah ditabur dengan sedikit garam selama 3 menit dapat membunuh seluruh kuman dalam mulut secara alami.

4 Kumur dengan air garam
Air garam terbukti dapat menjadi anti-bakteri yang efektif dan murah sehingga banyak diaplikasikan oleh masyarakat tradisional maupun modern saat ini. Namun cara mengobati sakit gigi ngilu ini tidak dilakukan serta-merta dengan menelan garam. Namun dengan mencampurkan satu sendok garam dengan air hangat yang kemudian digunakan serupa mouthwash atau obat kumur. Berkumurlah dengan air garam hangat selama beberapa menit kemudian muntahkan dan ulangi beberapa kali hingga rasa ngilunya berkurang.


Cara Mengatasi Gigi Ngilu

1. Selalu gunakan pasta gigi untuk gigi yang sensitif
Pasta gigi khusus gigi yang sensitif banyak tersedia di pasaran. Guakanlah pasta gigi yang memang mengandung formula yang bisa menenangkan syaraf yang menyebabkan gigi anda ngilu.

2. Gunakan pembersih mulut
cara alami mengobati sakit gigi ngilu secara efektif dan bisa dilakukan sejak pertama kali rasa ngilu itu terasa. Beberapa cara ini bisa menjadi referensi bagi pembaca karena terdiri dari cara alami yang cukup mudah dilakukan.

3. Hindari Makanan Yang Terlalu panas dan Dingin
Suah menjadi rahasia umum bahwa makanan yang dingin dan panas akan membuat gigi ngilu. Hindari makanan yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Hindari juga memakan buah-buahan yang terlalu asam, termasuk minuman yang juga terlalu asam.

4. Jangan makan permen karet
Permen karet memang berfungsi untuk memutihkan gigi, namun terlalu sering mengunyah permen karet justru akan mengikis kekuatan gigi anda. Karena permen karet akan mengakibatkan penipisan pada dinding gigi, meskipun efeknya gigi anda terlihat lebih putih.

5. Sikatlah gigi secara teratur
Selain itu telitilah dalam menyikat gigi anda. Terlalu sering lupa menyikat gigi akan meningkatkan kadar asam dalam mulut dan merapuhkan gigi anda. Akibatnya plak akan mudah terbentuk dan menjadi penyebab gigi sensitif.
Previous Post
Next Post